Senin, Januari 21, 2008

Mobil 20 Jutaan,,,

NEW DELHI (Lampost): Produsen mobil dari India, Tata Motor, merealisasikan mobil murah dengan harga 2.500 dolar AS atau sekitar Rp23,7 juta. Meski murah, Tata tetap menjamin keamanan mobil yang dinamakan Nano itu.
"Kami memperkecil paketnya, kami menggunakan baja dan meterial yang lebih sedikit, kami mengubahnya menjadi mesin yang lebih kecil," ujar Chairman Tata Group, Ratan Tata, saat peluncuran mobil termurah didunia itu seperti dikutip dari AFP, Jumat (11-1).
"Jadi biaya produksi mobil ini memang lebih rendah," ujar Tata yang sering diidentikkan dengan perintis otomotif AS, Henry Ford itu.
Meski berbiaya rendah, Tata tetap menjamin keselamatan mobil tersebut. Tata menyatakan mobil tersebut telah memenuhi standar emisi Euro IV. Versi diesel dengan nama tengah People's Car akan dikenalkan lebih lanjut.
"Kami sama sekali tidak mengurangi standar emisi ataupun keamanan. Kami memenuhi standar keamanan yang terbaru dan bahkan akan memiliki level polusi yang lebih rendah daripada kendaraan roda dua yang diproduksi di India,," ujar Tata.
Pria berusia 70 tahun itu menyatakan, Nano didesain sebuah tim teknisi dari India yang disebutnya sebagai Muda dan Cemerlang dan tidak pernah mengerjakan proyek serupa.
Tata Nano yang dikembangkan selama empat tahun adalah sebuah mobil mungil nan sporty dengan empat pintu dan lima tempat duduk. Tata Nano hanya berukuran panjang 3,1 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 1,6 meter.
Mobil ini cukup mini karena memakan tempat 8% lebih kecil dibanding dengan mobil-mobil dengan harga murah lain di India seperti Maruti 800. Namun, ruangan dalam mobil itu 21% lebih luas dari Maruti 800. Bodi Tata Nano seluruhnya terbuat dari alumunium, dua silinder, 623 cc, 33 PS, multipoin injeksi BBM.
Mobil cantik itu rencananya akan dijual pada semester II-2008 dengan harga 100 ribu rupee atau sekitar 2.500 dolar AS termasuk pajak. Nama Nano diambil, menurut Tata, nama itu berkonotasi teknologi tinggi, berukuran kecil dan mudah untuk diucapkan dalam bahasa Inggris dan Hindi.
Tata Nano akan memerlukan bensin 1 liter untuk setiap 20 kilometer. Mobil ini cukup mini karena memakan tempat 8% lebih kecil dibanding dengan mobil-mobil berharga murah lain di India seperti Maruti 800. Namun, ruangan dalam mobil itu 21% lebih luar dari Maruti 800.
"Ini adalah mobil yang 'cantik', ini adalah sebuah pencapaian besar," ujar analis otomotif India, Murad Ali Baig.
Keprihatinan Kecelakaan
Sementara itu, ide munculnya kendaraan murah ini saat Ratan Tata melihat satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan seorang anak berboncengan mengendarai sepeda motor. Tata mengaku prihatin dengan tingginya kecelakaan sepeda motor di India.
"Saya mengobservasi keluarga yang mengendarai sepeda motor roda dua, ayah di depan, anak di depan, dan istrinya di belakang memeluk seorang bayi," katanya.
"Ini membuat saya heran, bagaimana seseorang bisa mendapatkan keamanan, bertahan dari berbagai cuaca buruk dengan alat transportasi seperti itu untuk sebuah keluarga," ujar Tata yang disebut-sebut sebagai Henry Ford-nya India itu.
Berawal dari ide itu, Tata pun merintis pengembangan mobil murah sejak empat tahun silam. Mimpi Tata pun menjadi kenyataan. India kini memiliki "mobil rakyat" yang murah meriah. Dengan harga sekitar 100 ribu rupee atau sekitar 2.500 dolar AS, mobil itu diperkirakan bisa terjangkau rakyat India.
"Kami sangat gembira bisa mempersembahkan 'mobil rakyat' di India dan kami harap itu bisa membawa ke sebuah kenyamanan, kebanggan dan sebuah sarana untuk memiliki mobil bagi banyak keluarga yang membutuhkan mobilitas personal," ujar Tata. n E-2

Tidak ada komentar: