Minggu, Januari 06, 2008

PROGRAM CISCO

Apakah Cisco Networking Academy Program itu ? Cisco Networking Academy Program disingkat CNAP, merupakan kerjasama penyelenggaraan profesional training antara Cisco System, Inc. dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi terkemuka, untuk menhasilkan tenaga profesional teknologi informasi di bidang networking dan internet dengan pengakuan keahlian secara internasional.Apa Tujuan CNAP ?
Profesional training CNAP bertujuan untuk mengantarkan Anda menjadi ahli serta terampil dalam merancang, membangun, dan memelihara jaringan komputer dan internet. Programini mengutamakan penguasaan sistem dan teknologi jaringan komputer dan internet, mulai dari pengetahuan dasar sampai pengetahuan lanjut, mulai dari instalasi kabel sampai strategi pengembangan jaringan. Sertifikasi Apa yang Dapat Diperoleh dari CNAP ?
Profesional training CNAP akan mempersiapkan Anda untuk memperoleh Cisco Career Certifications, yaitu sistem sertifikasi networking profesional yang paling dihargai di dunia dan secara umum telah menjadi standar recruiten perusahaan Teknologi Informasi dunia.
Sistem sertifikasi ini dibagi menjadi tiga tingkatan :
CCNA (Cisco Certified Networking Associate)
CCNP (Cisco Certified Networking Profesional)
CCIE (Cisco Certified Internetworking Expert)
Kerjasama Cisco System, Inc. dengan Departemen Fisika, FMIPA-UI menawarkan program CCNA. Setelah sukses mengikuti program training CNAP di Departemen Fisika FMIPA-UI, Anda akan memperoleh Sertifikasi Internasional resmi dari Cisco System, Inc. sebagai bukti kelulusan Anda. Mengapa Saya Perlu Mengikuti CNAP ?
Dalam era eknomi internet ini, tenaga profesional di bidang Teknologi Informasi sangat dibutuhkan. Kebutuhan dunia akan tenaga networking dan internet saat ini mencapai 1 juta, dan terus meningkat setiap tahun. CNAP dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini dengan :
Mendidik Anda menjadi tenaga profesional yang terampil di bidang networking dan internet, serta
Mempersiapkan Anda untuk mendapatkan Cisco Career Certifications CCNA, CCNP, dan CCIE
Dengan menyandang Sertifikasi CCNA,CCNP, atau CCIE, maka Anda akan siap memasuki lapangan kerja (ready for use the marketplace) dan dapat bersaing sacara global. Bagaimana Sistem Pendidikan CNAP ? Kurikulum
Seluruh Kurikulum profesional training CNAP dirancang oleh Cisco System, Inc. dan bersifat vendor neutral. Kurikulum ini akan secara bertahap melatih Anda menjadi ahli dan terampil dalam merancang, membangun, dan memelihara jaringan komputer dan internet. Program profesional training untuk tingkat CCNA akan diselesaikan dalam waktu 12 bulan, yang dibagi menjadi 4 triwulan. Training diberikan 2 kali seminggu, masing-masing 4 jam (kelas reguler). Materi profesional training CNAP disampaikan dalam bentuk teori (interactive class), praktek (laboratory & hands-on study), dan studi kasus (threaded sae study). Pendidikan interactive class disajikan dalam bentuk multimedia interaktif (e-Learning) berbasis web, yang dilengkapi banyak ilustrasi dan film-film Quicktime.
Kurikulum Pokok Trainng CNAP VERSI 3.1 2005
CCNA 1 : Networking Basics
CCNA 2 : Routers and Routing basics
CCNA 3: Switching and Intermediete Routing v3.1
CCNA 4 : WAN Technology v3.1
Introduction to Networking
WANs and Routers
Introduction to Classless Routing
Scalling IP Address
Networking Fundamentals
Introduction to Routers
Single Area OSPF
WAN Technologies
Networking Media
Configuring a Router
EIGRP
PPP
Cable Testing
Learning about other Device
Switching Concepts
ISDN and DDR
Cabling LANs and WANs
Managing Cisco IOS Software
Switches
Frame Relay
Ethernet Fundamentals
Routing and Routing Protocols
Switch configurations
Introduction to Network Administration
Ethernet Technologies
Distance, Vector Routing Protocols
Spanning-Tree Protocol
Cisco Laboratory Exercise
Ethernet Switching
TCP/IP Suite Error and Control Messages
Virtual LAN
TCP/IP Protocol Suite and IP Addressing
Basic Router Troubleshooting
VLAN Trunking Protocol
Routing Fundamentals and Subnets
Intermediate TCP/IP
Cisco Laboratory Exercise
TCP/IP Transport and Application Layer
Acces Control Lists (ACLs)
Cisco Laboratory Exercise
Cisco Laboratory Exercise
Dalam laboratory & hands-out study, Anda akan menangani berbagai perangkat jaringan seperti LAN switches, routers, RJ-45 Jack, path cable, punch-down block, dll. Mulai dari instalasi jaringan sampai konfigurasi software. Anda akan mempraktekan teori yang diperoleh dalam interactive class pada laboratorium yang dirancang khusus dan dilengkapi dengan perangkat jaringan Cisco. Peralatan yang dimiliki Labkom Departemen Fisika UI :
Router Cisco 2621 (2 buah)
Router Cisco 2514
Router Cisco 2501 (4 buah)
Router Cisco 1750,1751 (voice module include)
Router Cisco 2520 (3 buah)
Router Cisco 3620
Switch Cisco Catalyst 1912
Switch Cisco Catalyst 1924
Switch Cisco Catalyst 2950
Switch Cisco Catalyst 3550
Switch Cisco Catalyst 2924
Simulator ISDN
Simulator PSTN
Fluke Cable Tester
Kegiatan threaded case study bertujuan untuk melatih Anda dalam memecahkan perancangan dan pemeliraan jaringan komputer dan internet yang dapat mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan penggunanya. Setiap akhir triwulan, Anda akan menghadapi ujian sistem online assesment monitor, yang secara global telah distandardisasi oleh Cisco System, Inc. Instruktur Pendidikan
Untuk menjamin kualitas profesional training CNAP, semua instruktur telah menjalani training di International Cisco Academy Taining Center, dan telah memiliki sertifikasi CCAI (Cisco Certified Academy Instructor) dan dibantu oleh beberapa asisten dengan sertifikat CCNA. Prometric/Virtual University Exam
Setelah mengikuti program profesional training CNAP, Anda berhak mendapatkan voucher exam sebesar 70% untuk dapat mengikuti ujian sertifikasi CCNA yang diselenggarakan oleh Prometric ataupun Virtual University Enterprise. Syarat dan Tempat Pendaftaran A. Syarat Pendaftaran
Pendafttar adalah mahasiswa atau profesional yang menguasai Bahasa Inggris dan dasar komputer.
Mengisi formulir pendaftaran serta melampirkan 1 lembar fotokopi KTP atau KTM (Kartu Mahasiswa)

Tidak ada komentar: